Perbedaan Helm Motor Dengan Helm Mobil

 

 

245ride.com – Ketika akan mengendarai kendaraan bermotor tentu saja tidak ketinggalan menggunakan helm sebagai salah satu alat safety. Helm memiliki fungsi yang sangat penting untuk mengamankan bagian kepala bila terjadi hantaman karena suatu kecelakaan.

Ternyata, helm tidak hanya dibuat bagi para pengemudi sepeda motor saja tetapi bagi disediakan pula bagi para pengemudi mobil. Pada umumnya, helm untuk pengemudi mobil biasa dikenakan ketika mengikuti ajang balap mobil.

Seperti dipaparkan oleh Sales & Marketing Manager Arai Indonesia, Eric Karly Yusuf helm motor dan mobil yang full face mempunyai perbedaan spesifikasi. Dari perbedaan spesifikasilah masing-masing helm lebih mudah dikenali.

“Perbedaan antara helm mobil dengan motor bisa dilihat dari visor-nya. Helm mobil visor-nya lebih kecil, dan dagunya lebih panjang dan lebar. Kalau helm motor kebalikannya. Visor lebih lebar dan bagian dagunya juga lebih kecil,” kata Eric di Sudirman, Jakarta.

Selanjutnya, dia juga mengatakan untuk aturan desain helm mobil mengikuti standar dari FIA dan helm motor umumnya mengikuti Snell 2015. Bagaimana bila helm mobil dikenakan ketika mengendarai motor dan sebaliknya ?

“Kalau helm mobil dipakai untuk naik motor biasanya ada beda di masalah fokus sama visualnya saja. Sisanya sama,” ujar Eric.

Dan berkenaan dengan harga, helm motor lebih dibawah helm mobil. Untuk helm motor Arai, dibanderol harga mulai Rp. 6 jutaan dan sedangkan helm mobil dibanderol mulai dari Rp. 8 jutaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *