Jutaan Unit Kendaraan Honda Mengalami Masalah Sensor Baterai

 

 

245ride.com – Sebanyak 2,1 juta unit kendaraan yang tersebar di seluruh dunia telah ditarik kembali oleh pihak Honda Motor Co pada Jum’at pekan lalu. Mobil-mobil tersebut diduga kuat mengalami kerusakan pada bagian sensor baterai yang mana memiliki risiko menimbulkan api.

Menurut informasi dari sebuah berita, sensor baterai tidak menutup seluruh bagian sehingga lebih mudah lembab dan berkarat. Bila sudah berkarat pada sensor, maka akan menyebabkan korsleting dan muncul percikan api yang berbahaya.

Sampai saat ini pihak Honda telah menerima sebanyak empat laporan kerusakan dari Amerika Serikat dan Kanada yang diduga kuat dari sensor baterai. Dan dalam laporan tersebut tidak menelan korban jiwa.

Dengan adanya laporan pengaduan dari Kanada pada dua tahun lalu kemudian pihak Honda melakukan penyidikan terkait dengan pengaduan. Dan pada awal 2016 juga mendapatkan pengaduan yang sama dari Tiongkok.

Juru bicara Honda, Chris Martin menyatakan bahwa dilakukan penarikan kendaraan termasuk 1,15 juta unit Accord model tahun 2013 sampai 2016 di Amerika Serikat dan hampir 1 juta unit kendaraan di negara lainnya.

Pihak Honda memerintahkan pada dilernya untuk melakukan perbaikan sementara terkait dengan banyaknya jumlah unit yang ditarik. Perbaikan sementara dilakukan dengan melekatkan perekat pada sensor atau mengganti sensor lama dengan sensor yang baru bila diperlukan.

Sampai saat ini, sudah ada 4.000 klaim garansi yang telah terdaftar di Amerika Serikat yang artinya empat ribu untit kendaraan harus diperbaiki komponen sensornya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *