Motor Listrik Gesits Akan Mendapat STNK

 

 

245ride.com – Motor listrik produksi karya anak bangsa, Gesits akan siap melesat cepat di pasar otomotif Indonesia. Agendanya, motor hasil produksi dari Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Garansindo Group tersebut siap meluncur di jalanan Indonesia tiga bulan pertama tahun 2018.

Bahkan, belum resmi diperjualkan, Gesits telah banyak memperoleh dukungan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), dan juga Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Bahkan, Gesits telah dicoba langsung oleh Ignasius Jonan, Menteri ESDM di Gedung Kementerian ESDM.

Setelah mencobanya, Jonan langsung memberi penghargaan yang tinggi bahkan dia akan bersedia melakukan koordinasi dengan kementerian mengenai maalah bea masuk serta  Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Saya juga lapor ke Menteri Perhubungan caranya menerbitkan STNK, karena STNK selama ini pakai cc (kapasitas mesin bakar). Sekarang mustinya sudah bisa STNK pakai volt atau KW,” terang Jonan.

Selanjutnya, tidak hanya akan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan tetapi Jonan juga bersedia koordinasi mengenai bea masuk motor Gesits. “Perlakuan terhadap sepeda motor listrik itu sama dengan sepeda motor biasa. Jadi, kalau komponennya bebas bea ya bebas bea, karena ini dibuat di sini,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Jonan juga mengungkapkan bila semua pihak atau Kementerian terkait mempunyai semangat yang sama untuk pengembangan kendaraan listrik nasional, hanya perbedaan konsentrasi saja.

“Semangat sama, cuma saya dari urusan energinya, Kemenperin dari urusan industrialnya, BPPT dari urusan riset,” katanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *