Harus Ada Standarisasi Yang Baik Terkait Komponen Listrik Pada Motor Listrik

 

 

 

245ride.com – Industri otomotif nasional mulai memasuki segmen sepeda motor listrik. Meskipun demikian, adanya motor listrik ini masih mengkhawatirkan banyak masalah terlebih mengenai baterai yang dipakai.

Menurut Presiden Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO), Gunadi Sindhuwinata bahwa baterai menjadi salah satu alasan yang masih dikhawatirkan karena belum diketahui daya tahannya. Apalagi keadaan cuaca di Indonesia yang sekarang ini masuk musim hujan dan rawan banjir.

“Seandainya kendaraan listrik terendam banjir, nah akan terjadi apa? Jangan-jangan bisa timbul percikan api. Nah kalau sudah begitu yang mengendarai bisa mati. Hal semacam ini yang harus diperhatikan,” kata Gunadi di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Selain banjir, ketika memasuki musim hujan juga bisa saja mengkhawatirkan mengenai listrik. Karena listrik sering menjadi masalah ketika air hujan mengenainya.

Oleh sebab itu, Gunadi menganjurkan supaya beberapa komponen didesain berbeda dan seaman mungkin. Beberapa bagian motor listrik haru tahan air, mulai dari kabel, isolator, konektor, serta komponen listrik yang lain.

“Sekarang memang belum ada SNI, tapi paling tidak arah untuk standardisasi ini harus sudah tampak. Nah ini harus diterjamahkan lagi secara praktis dan teknisnya, kabelnya harus begini, oh ada isolator yang harus dibungkus, dan macam-macam lainnya,” ungkapnya.

Dia mengharapkan supaya pihaknya membuat standarisasi yang baik mengenai hal tersebut sehingga baik produsen ataupun konsumen bisa mengenakan motor dengan nyaman dan layak dipakai di jalanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *