Tidak Ingin Mengganggu, Begini Cara Menggunakan Klakson dengan Bijak

245ride.com – Didalam sebuah mobil terdapat sebuah perangkat yang terhitung sangat penting keberadaannya yaitu Klakson. Klakson ini sangat penting untuk berkomunikasi dengan pengendara lain, seperti halnya untuk mengingatkan. Namun, ada beberapa pengendara yang masih menggunakan klakson dengan tidak bijak dan mengganggu pengendara lain.

Hal ini sering sekali kita temui apalagi saat dilampu merah. Jadi penting bagi kita untuk tahu bagaimana cara menggunakan klakson dengan bijak dan benar supaya tidak mengganggu pengendara lain nantinya.

Menanggapi hal ini, seorang Instruktur Rifat Drive Labs (RDL), Yudi Prasetio, memberitahukan bagaimana cara menggunakan klakson yang fungsinya sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pengendara lain dengan bijak dan benar.

“Berkomunikasi atau memberikan isyarat cukup menekan tombol klakson satu atau Dua kali (friendly tap),” jelasnya Yudi Prasetio.

Yudi juga menambahkan jika tidak ada larangan untuk membunyikan klakson lebih dari 2 kali jika memang diperlukan, namun harus tetap wajar dab tidak berlebihan tentunya.

“Namun atur jeda waktu tertentu. Membunyikan klakson tidak boleh sembarangan bahkan berlebihan,” tuturnya Yudi.

Lebih lanjut, Yudi juga memberitahukan apa saja ganguan jika kita berlebihan dalam membunyikan klakson, seperti menggugah emosi orang lain, dan bisa saja menimbulkan keributan, dan yang paling utama adalah mengganggu pendengaran orang lain.

“Berpotensi mengganggu bahkan bisa meningkatkan emosi orang lain misal dengan membunyikan klakson panjang. Tttttttiiiiiiiinnnnnnn……,” tambahnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *