Lampu standar dan Light Emitting Diode (LED) Mana Yang Lebih Baik?

245ride.com – Perangkat pada kendaraan seperti motor dan mobil setiap tahunnya akan mengalami perkembangan kearah yang lebih baik dan cangih, tidak terkecuali dengan perangkat yang sangat penting ketika malam yaitu lampu.

Untuk perangkat ini kini sudah ada dua varian lampu kendaraan yaitu lampu standar dan Light Emitting Diode (LED). Lampu Light Emitting Diode (LED) sendiri sudah mulai dipasangkan di kendaraan keluaran terbaru.

Lalu jika membandingkan perangkat ini yang punya dua varian yaitu lampu standar dan Light Emitting Diode (LED) manakah yang sebenarnya lebih baik?

Menjawab rasa penasaran dari para pecinta otomotif, seorang pegawai toko aksesori mobil Syifa Jaya yang bernama Ade memberikan penjelasanya. Menurut Ade lampu standar punya kelebihan ketimbang lampu LED. Dan kelibihan itu adalah saat melakukan pemasangan saat rusak. Jika itu terjadi pada lampu standar maka hanya akan diganti 1 bohlam, namun jika itu lampu LED tidak bisa hanya diganti pada satu bohlam yang rusak itu saja.

“Kalau misalkan matinya LED susah kalau sudah mati, nggak bisa diganti, LED-nya kan bohlamnya kecil-kecil, jadi kalau mati satu nggak bisa diganti cuma satu, mesti semua satu set,” ujarnya di Ps Dutamas Fatmawati lantai II, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Ade juga menambahkan, memang bisa hanya diganti satu set untuk bagian yang rusak, namun jika hal itu dipaksakan maka hasil yang diharapkan tidak akan maksimal.

“Jadi gini kalau masalah LED jarang mati tapi sekalinya mati langsung di ganti, soalnya dari lemnya juga lem permanen, misalkan mau maksa dibenerin itu mesti dibongkar dulu, jadi nggak sempurna lagi,” jelasnya.

Sedangkan untuk lampu standar lebih mudah jika terjadi kerusakan, karena gampang bila mau diganti dengan yang baru.

“Kalau bohlam biasa kan bisa di ganti, kalau putus gampang gantinya, kelebihan di situ,” pungkas Ade.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *