Kick Starter Macet? Ini Solusinya

245ride.com – Siapa sih yang tidak tahu bagaimana cara menghidupkan mesin motor?. Dalam menghidupkan mesin motor ada dua mode diantaranya adalah elektrik starter dan kick starter.

Namun, beberapa pemilik kendaraan banyak yang memilih menggunakan elektrik starter karena dinilai lebih praktis dan tidak membuang banyak tenaga karena memang hanya tinggal memencet starter di bagian sebelah kanan handle stang motor.

Karena seringnya menggunakan elektrik starter, maka kick starter ketika digunakan akan terasa keras dan macet. Terkait masalah kick starter yang keras dan macet ini seorang mekanik Ahass 1059 Garuda Motor bernama kardi memberikan sebuah tips cara merawat kick starter.

Dikatakan oleh Kardi, kick starter keras atau mecat itu disebabkan karena debu yang masuk melalui CVT terus menerus lalu mengendap di bagian per selah dan gir primer.

Sebaiknya jangan dipaksakan memakai kick starter bila keras, nanti malah gigi starternya rusak. Yang ada, malah mengeluarkan biaya lebih untuk menggantinya,” tutur Kardi.

Lebih dari itu, Kardi memberitahu bagaimana cara memperbaiki kick starter macet. Dari keterangan yang diberikan Kardi caranya adalah dengan membongkar CVT. Kemudia bersihkan semua komponen dan olesi dengan pelumas di bagian kick starter tersebut.

Membahas masalah lain pada kick starter seperti ngelos atau loss compression. Kardi mengatakan penyebabnya adalah kampas kopling yang sudah habis.

“Kalau kick starter ngeloss pada motor bebek dan sport, penyebabnya sama, karena kampas kopling sudah habis,” tuturnya.

“Untuk motor bebek atau sport yang kick starter-nya ngeloss atau keras, bisa dibetulkan dengan cara dibuka bak koplingnya lalu ganti kampas koplingnya,” lanjutnya.

Terkait cara menghidupkan mesin motor yang benar, Kardi menghimbau untuk selalu memakai kick starter saat pagi hari atau saat mesin sedang dingin untuk mengurangi beban aki, memeberi kesempatan aki terisi kembali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *