Penurunan Data Jual Tidak Terelakan Untuk Segmen Sedan di Januari-Juni 2018

245ride.com – Berbeda dengan segmen MPV dan SUV yang terus mengalami peningkatan daya jual di pasar otomotif Indonesia, segmen sedan masih berada di bawah dengan penurunan penjualan hingga 22,13 persen.

Penurunan yang sangat jauh ini diketahui setelah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memberikan informasi mengenai data penjualan sedan di pasar wholesales semester pertama tahun ini.

Dari semua kategori yang berada di segmen sedan diinformasikan perolehan hanya 4.001 unit, Januari-Juni 2018. Sementara pada tahun lalu periode yang sama mencapai 5.138 unit.

Dari kelima kategori tersebut, segmen small dan medium menjadi mendonor terbesar dengan perolehan data penjualan 35,17 persen dan 34,44 persen. Kemudian di kelas sedan mininya menyumbang 18,07 persen.

Terkait dengan penurunan yang tidak terelakkan ini, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) yaitu Henry Tanoto mengatakan salah satu sebebnya adalah konsumen sedan yang beralih ke segmen lain.

“Terkait penurunan ada dua hal, pertama menurut saya kalau dilihat dari pergerakan pasar memang didominasi oleh MPV dan SUV. Jadi akhirnya ada beberapa yang dari segmen sedan pindah ke dua segmen tersebut,” kata Henry.

“Kedua memang segmennya sedang belum berkemmbang dari basisnya sendiri. Sedan memang dari beberapa tahun kontribusi ke market kecil,” imbuh Henry.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *